Selasa, 29 September 2009

menghargai kreasi orang lain

Pentingnya Menghargai Karya Orang Lain

Menghargai kreasi orang lain merupakan sikap yang positif dan mulia. Jika karya seseorang diakui dan dapat dinikmati orang banyak, orang yang membuat kreasi tersebut akan termotivasi untuk menghasilkan karya yang lebih baik, khususnya perangkat lunak (software) komputer.


Pembajakan software merupakan salah satu perbuatan yang bisa diartikan tidak menghargai karya orang lain. Pembuat software sudah susah-susah membuat software dan berusaha memperoleh penghasilan dengan menjual software yang dia buat. Untuk mendapatkan software tersebut, masyarakat harus membelinya. Tapi orang yang tidak bertanggung jawab kadang seenaknya saja membajak software tersebut bahkan menjual bajakannya dengan harga yang jauh lebih murah dengan maksud untuk mencari untung. Hal ini tentu saja tidak bisa dibenarkan. Untuk itulah dibidang software juga diberlakukan HAKI.

Sebenarnya apakah HAKI itu? Hak atas Kekayaan Intelektual disingkat HAKI adalah hak yang timbul bagi hasil olah pikir otak yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna bagi umat manusia. Secara umum HAKI dibagi menjadi 2 bagian yaitu hak cipta dan hak kekayaan industri. Dengan adanya HAKI kreativitas manusia akan terdokumentasi dengan baik dan dilindungi oleh hukum sehingga terhindar dari pembajakan. Hukum yang mengatur kekayaan intelektual manusia umumnya bersifat teritorial.

Tapi ternyata kesadaran masyarakat akan HAKI ini juga belum tinggi. Buktinya masih banyak pelanggaran terhadap HAKI di Indonesia seperti:
-Membeli software bajakan
-melakukan instalasi software bajakan ke hardisk komputer
-Penggunaan satu lisensi software untuk komputer tertentu tetapi digunakan untuk banyak komputer
-Melakukan modifikasi software tanpa ijin
-Menggandakan produk software tanpa ijin untuk mendapatkan keuntungan ekonomi.
Memang benar sekali kalau indonesia itu negara agraris, penuh dengan orang-orang yang suka membajak. Tidak hanya membajak sawah, tetapi juga membajak software :D. Makanya Indonesia termasuk negara dalam tiga besar primary watch list negara yang rawan pembajakan. Hanya saja memang akan sulit sekali untuk bisa menghilangkan pembajakan software ini secara cepat. Masyarakat Indonesia yang masih mempunyai tatanan pemahaman yang sederhana cukup sulit bisa diajak untuk memberikan penghargaan terhadap hak atas kekayaan intelektual. Pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, imajinasi, kreativitas, emosi dan suasana batin dan keahlian dalam menghasilkan suatu karya belum dapat dipahami masyarakat sebagai hal yang harus dihargai secara materiil. Apalagi kondisi ekonomi masyarakat kita masih belum mendukung untuk bisa memenuhi kebutuhan software yang sudah biasa digunakan. Saya sendiri tidak mau munafik, sampai sekarang saya masih menggunakan beberapa software bajakan, karena memang beberapa software yang saya butuhkan hanya bisa berjalan di sistem operasi Windows. Saya masih menjadi salah satu dari masyarakat yang belum mampu menghargai HAKI, tapi saya akan berusaha untuk bisa menggunakan open source software secepatnya.
Untuk itu kita harus segera sadar untuk bisa menghargai hasil kreasi orang lain dengan tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran di atas. Apalagi sekarang sudah banyak software open source gratis yang bisa kita gunakan sebagai pengganti software berbayar yang mungkin kita tidak bisa membelinya.Salah satunya adalah sistem operasi berbasis linux, free open source software.
Beberaoa kelebihan linux dibanding sistem operasi berbayar:
1. Linux merupakan software berlisensi yang dapat digandakan dan digunakan secara bebas, tanpa harus membayar lisensi dan tanpa melanggar Hak Cipta.
2. Linux adalah program terbuka (Open Source) yang artinya tersedia kode sumbernya program sehingga dapat dipelajari cara kerjanya. Ini sangat cocok untuk dunia pendidikan dibandingkan program tertutup (close source)
3. Linux dapat dikembangkan atau dibuat turunannya sehingga bangsa Indonesia dapat menguasai dan memiliki program sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan, tanpa harus tergantung kepada negara maju.
4. Meningkatkan keamanan nasional
5. Menghemat biaya dan devisi negara (tidak harus beli lisensi), Linux gratis
6. Meningkatkan kemampuan berkompetisi secara global
7. Mengurangi ketergantungan vendor di bidang TIK
8. Linux untuk umat manusia baik miskin maupun kaya tetap bisa memakai program Linux.
9. Linux lebih stabil dan aman dari virus, sebab untuk sekarang ini virus dibuat hanya untuk program windows, sedangkan Linux sekuritnya lebih rapat sehingga virus tidak mudah untuk berkembang.
10. Sekali instal Linux sudah terinstal semua oke bukan, untuk itu Linux menawarkan seluruh rumah dan segala isinya. Misalnya kita instal Linux didalamnya udah ada program secara komplet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar